Path Facebook Instagram Twitter Google+

Bumi dan Kita

Lupakan sejenak rutinitas yang kamu lakukan sehari-hari. Keluarlah ke depan rumahmu dan lihat sekeliling. Apa kamu masih menemukan sedikit tanah di pekarangan rumahmu tempat berlangsungnya hidup sebagian makhluk ciptaan Tuhan yang biasa disebut tumbuhan? Syukurlah kalau rumahmu masih menyisakan sedikit tempat untuk makhluk itu. Sekarang dekatilah makhluk itu dan lihat dengan seksama diantara rimbunnya dedaunan dan diantara kuncup-kuncup berwarna terang nan wangi yang ada. Apa kamu menemukan makhluk ciptaan Tuhan lainnya? Syukurlah kalau masih ada ulat dan beberapa serangga kecil lainnya yang betah hidup disana. Andai banyak manusia yang masih mau menjaga lingkungannya.

Kemajuan teknologi buatan manusia begitu nyata dampaknya pada kedaan alam. Beberapa dekade terakhir sudah banyak kita mendengar tentang perjanjian internasional yang membahas tentang isu lingkungan hidup. Diantaranya seperti pemanasan global, perubahan iklim, sampah plastik dan isu-isu lingkungan lainnya. Jika kita tidak segera merubah kebiasaan buruk mencemari lingkungan sekitar, maka bisa dipastikan anak cucu kita tak akan bisa menikmati indahnya bumi ini di masa yang akan datang.

Pemanasan global terjadi karena efek rumah kaca yang paling banyak disebabkan oleh pembuangan karbondioksida (CO2) yang sebagian besar merupakan sumbangan dari sisa gas pembakaran kendaraan bermotor di kota-kota besar, juga penebangan liar di hutan yang mengakibatkan berkurangnya tempat penampungan gas CO2. Efek jangka panjang dari pemanasan global berdampak pada perubahan iklim. Dalam prosesnya perubahan iklim terjadi lebih lambat. Sebagai contoh adalah mencairnya es di kutub selatan yang berakibat bertambahnya volume air laut dan bisa menenggelamkan beberapa pulau kecil, musim kemarau yang berkepanjangan hingga menyebabkan kekeringan sementara musim hujan menjadi begitu singkat dengan curah hujan yang lebih tinggi dan badai.

Penggunaan barang-barang yang mengandung CFC (chlorofluorocarbon) secara berlebihan juga menyebabkan penipisan pada lapisan ozon. Sampah plastik juga menyebabkan kerusakan lingkungan karena sifatnya yang tidak mudah terurai. Menyebabkan banjir jika dibuang sembarangan di sungai sementara bila hanyut hingga ke lautan bisa membunuh berbagai binatang laut karena menganggap plastik sebagai makanan, menyebabkan tanah tidak subur dan membunuh hewan yang hidup di dalam tanah, menyebabkan polusi udara ketika dibakar.

Sebelum terlambat mari memulai langkah baru dengan menghindari pemakaian produk yang tidak ramah lingkungan. Sebagai pencegahan pemanasan global simpan dulu kendaraan pribadi setidaknya seminggu sekali dan coba bepergian menggunakan kendaraan umum. Usahakan jika bepergian ke tempat yang tidak begitu jauh sebaiknya menggunakan sepeda saja toh bersepeda juga menyehatkan badan. Jika ada kesempatan di waktu luang hiasi pekarangan rumah dengan menanam banyak tumbuhan, kalau bisa ganti pagar besi dengan pagar dari tumbuhan hingga terlihat elok jadi rumah bergaya green house. Bagi yang tidak punya lahan jangan berkelit dulu, kan masih ada tumbuhan yang bisa bertahan walau hidup di dalam pot.

Kegunaan utama CFC ialah sebagai bahan penyejuk, bahan dorong dan pelarut, namun kini penggunaannya mulai dihentikan secara berangsur-angsur karena menyebabkan penipisan lapisan ozon. Beralih ke masalah sampah, sebaiknya sebelum membuang sampah ke tempat pembuangan sebaiknya kita upayakan memisahkan sampah organik yang mudah terurai dengan sampah non organik seperti plastik, logam, kaca, kardus dan sebagainya. Sebaiknya gunakan kembali barang tersebut (barang non organik) hingga sudah benar-benar tidak bisa dipakai dan tidak bermanfaat. Jika memang sudah tidak bermanfaat kumpulkan sampah tersebut dan berikan atau jual pada pemulung untuk didaur ulang lagi oleh pabrik. Terakhir cobalah membawa tas sendiri yang ramah lingkungan ketika akan membeli sesuatu untuk menghindari pemakaian tas plastik yang hanya bisa sekali hingga dua kali pakai.
Let's save our planet together!
Sumber informasi:
Wikipedia(ID)

Wikipedia(MS)
UPI

2 obrolan:

fizer0 mengatakan...

nice info,,

salam kenal..

fullowaferstik mengatakan...

salam kenal juga :D
terima kasih sudah berkunjung

Posting Komentar

Habis baca jangan lupa tinggalin jejak ya :D