Path Facebook Instagram Twitter Google+

Chat With The Author

Kadang, kita mencintai seseorang begitu rupa sampai tidak menyisakan tempat bagi yang lain. Membuat kita lupa sekedar bertanya, inikah sebenarnya cinta?

Siapa dan apa gerangan yang bisa membuat aku menulis kalimat seperti itu? Hihihi, dua kalimat pembuka itu aku dapat dari sampul belakang buku yang baru aku temukan setelah lama mencari-cari buku bagus di Goodreads. Enaknya dimulai darimana ya ceritanya? Jadi begini, kan aku suka buka lagi halaman dari buku-buku yang pernah aku baca di Goodreads. Nah disetiap halaman yang dibuka itu ada daftar rekomendasi halaman buku lain yang sering dibuka setelah ataupun sebelumnya. Disana aku melihat buku berjudul Dia karya Nonier. Setelah melihat preview buku itu disini aku yang ingin tahu lebih jauh tentang sang penulis mulai mencari tahu tentang dirinya. Begitu tahu kalau tak ada data tentangnya di Goodreads maka seperti biasa aku langsung menuju Facebook untuk kembali mencari. Tapi ternyata tak seperti yang kuperkirakan, di Facebook pun tak ada nama orang itu. Tak pantang menyerah maka tujuan terakhir adalah Google si raja pencarian. Ah, ketemu deh satu. Ternyata penulis yang satu ini lebih suka mencurahkan kegiatannya di blog!

Kalian tahu apa yang menyebabkan aku mencari info tentangnya? Karena di buku itu, sejak halaman pertama, cerita mengambil setting Stasiun Pasar Turi kawan! Hehehe, terlalu berlebihan ya? Entahlah, tapi itu yang membuat aku makin penasaran mencari orang ini karena dia juga tak kunjung kutemukan di jaringan sosial manapun, tidak seperti penulis-penulis lainnya yang sudah pasti gampang ditemukan. Penasaran dan semakin penasaran, aku pun menambahkannya sebagai teman bercakap-cakap di Yahoo Messenger. Sambil membaca-baca tulisan di blognya eh tahu-tahu dia online di YM. Aku yang sempat ragu-ragu untuk mengajaknya berbincang akhirnya memulainya juga, sebelumnya aku memang suka menambahkan penulis yang aku suka sebagai teman entah itu di Fb, Twitter, ataupun YM namun tak pernah benar-benar menyapa seperti yang aku lakukan saat ini. Senang juga dia membalas sapaanku dengan ramah, lalu obrolan pun mengalir dengan sendirinya walaupun aku sempat bingung mau memulai dari mana? Hehehe, kan aku belum benar-benar baca bukunya :P.

Aku sisipkan ya percakapanku tadi dengan sang pengarang yang bernama asli Noni Eko Rahayu yang sungguh misterius itu.. hihihi. Selamat menikmati:

Aku: hai kak :)

Nonier: helo

A: suka tenis ya?
    *dasar akunya yang bego gak tau mau ngomong apa jadi aku pilih topik tentang olahraga yang muncul di bukunya.. hehe

N: belum pernah main tenis sih

A: lho
    terus bukunya kok ada tenisnya?
    yang smash juga tenis kan?
    *Smash! judul bukunya yang lain

N: yang smash volley

A: ohh.. salah brarti :P
    hehehe
    aku belum baca yang smash
    udah lama ya kak terbitnya?

Percakapan terhenti sejenak, sepertinya dia mulai merasa terganggu dengan perbincangan yang sok akrab ini :lol:. Sambil menunggu balasan aku memberinya informasi tentang Goodreads Author.

N: panjang amat
    hehe..
    *mencoba menanggapi informasi yang baru aku sampaikan

A: hehehe :D
    ada fb gak kak?
    mau aku add

N: ga punya euy, kuper aku.
    *ternyata dia emang bener-bener gak punya ding! pantesan daritadi aku cari hasilnya nihil.

A: yah.. kok gak bikin sih?

N: takut tenar...wkwkwkwkwk..
    *:doh: lucu juga ya nih orang, kalo penulis lain yang masih hidup dan aku kenal bukunya, tiap aku cari langsung dapet deh goodreads, fb, twitter, blog personal, web bukunya, fan club, dan lain-lainnya.

A: hihihihi
    emang udah tenar kan

N: nggak e.

A: sekarang ada dimana kak?
    masih di Jerman?
    *kebetulan tadi waktu googling aku nemuin artikel tentang sepak terjang penulis yang satu ini di PPI Goettingen Jerman (PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA DI GÖTTINGEN JERMAN)

N: di Goettingen.
    iya.

A: disana jam berapa sekarang?
    aku di Surabaya

N: baru jam 12 kurang seperempat

A: sekarang masuk waktu maghrib
    di tempatku.. hehe

N: iya, kalo musim gugur dan dingin, beda waktunya 6 jam, kalo musim semi dan panas, beda waktu 5 jam.
    eh, kamu dipanggil apa nih?
    *tadi sempat terlintas mau jawab 'guk-guk' :lol: hihihi

A: agung kak :D
    ada foto gak kak?
    profil goodreads kakak mau aku pasang foto
    biar bagus
    cari foto kakak di om google susah minta ampun

N: hahahaha..

A: di blog kakak juga gak ada fotonya

N: nggak suka nampang (padahal gila foto)

A: yeee
    haha
    facebook juga gak punya
    bingung deh mau cari dimana :D

N: hihihihi...

A: apa yang foto sepasang kaki itu aja ya yang aku pasang :P
    yang di blog
    sebelah kiri

N: hahaha..boleh boleh.
    tapi di blog tu ada beberapa foto gitu lho, cuma ga tampak wajah..he

A: haha
    tapi gak enak kak
    yang lain aja close up wajah
    masa ini kaki

N: waduh..ga pede euy.
    kan udah dibilang, takut tenar.
    hikikikik..
    btw, aku suka foto kakiku lho. Udah kemana-mana deh tuh kaki.
    terakhir kemaren pas ke kampus, di salju. Pas ngangkat kaki, e, salah urat, jadi jongkok dulu baru jalan lagi.
    (cerita nggak penting)

A: hihihi
    senangnya bisa jalan di atas salju
    aku gak pernah

N: awal2 sih hepi, lama2 bosen (sombong)
    abis dinginnya nusuk nusuk tulang.
    bikin ingusan, hidung perih, muka tebal (udara dinginnya lho)
    tapi bersyukur juga ding bisa liat salju..he

A: jadi iri deh
    haha
    itu yang foto sama orang india ada acara apa kak?
    *ini lagi ngobrolin foto yang ada di salah satu posting di blognya mbak Nonier

N: orang nepal.
    acara international evening, kumpul2 makan2 gitu deh.
    bilangnya kita harus pake pakaian tradisional. Udah dandan habis gitu, ternyata sebagian besar pada pake jins dan kaos oblong. Berasa nyasar deh.

A: haha
    tapi bangga kan
    pake pakaian Indonesia
    nepal kok kayak india ya pakaiannya?

N: bulan lalu kita ada acara Indonesian night. Aku nari gambyong dan poco2. Ada yang nari bali, merak dan tari ambon. Plus dangdutan dan makan makanan indonesia. Rame betul, pada ikutan joget.
    nepal sama india tetanggan, masih mirip2 lah budayanya.

A: ohh
    pakaian kakak itu pakaian dari daerah mana?

N: tu yang di foto pakaian tari merak. Jadi pas sebelum kesini aku belajar nari dulu, gambyong sama merak, sekalian beli kostumnya di Jogja.
    kita kan banyak acara2 budaya, jadi musti persiapan yang gitu-gitu.

A: hm..
    pakaian tari toh
    emang kakak belajar apa disana?

N: btw, agung sekolah dimana?
    aku ambil kehutanan.

A: sekolah komputer kak
    d2
    *rada-rada minder juga kalo ngobrolin pendidikan :( apalagi sama orang pandai.

N: hmm..canggih euy, komputer.
    jangan jadi hacker ya..hehe

A: oce bos
    :D
    bentar kak

N: uke

Karena begitu asyiknya sampai lupa waktu nih :D. Percakapan aku hentikan sejenak karena mau sholat maghrib terus makan malam dulu.

A: lagi senggang ya kak?
    *aku melanjutkan kembali begitu selesai makan dan tak lupa minum tentunya :lol:.

N: lagi nulis nih

A: ohh
    kirain
    nulis apa?
    buku baru?

N: naskah baru, kan belum tahu nanti kalo udah jadi diterima apa nggak..he
    btw, kok kamu bisa baca "dia", gimana ceritanya?

A: aku doain deh biar diterima
    belum baca semuanya sih
    hehe
    baru baca dari om google
    masih mau cari bukunya ;)
    *akhirnya ketahuan juga nih kalo belum baca :P

N: wahahaha
    lha kok pas googling bisa nyasar ke "dia'?

A: dari goodreads.com

N: ooo...

A: terus baca di google books

N: sampe halaman berapa tu google booknya?

A: potongan potongan
    banyak yang di ilangin

N: hehehe, secara tak langsung disuruh beli bukunya ya

A: ya gitu deh
    emangnya kakak pernah tinggal lama ya di surabaya?
    kok setting awal langsung st. pasar turi
    terus ada tunjungan plaza juga

N: pernah ke surabaya, tapi sehari dua hari gitu.
    dan ngambil setting di kereta soalnya sering pake kereta sembrani jakarta-pasar turi kalo pulkam.
    hehehe...

A: pernah ketemu orang kayak gitu juga?
    kayak si masnya yang itu

N: hahaha..nggak

A: syukur deh
    hihihi

N: pernahnya sebangku sama bapak2 yang ngoroknya minta ampuuuuun

A: ntar kalo udah jadi naskahnya aku minta copynya ya kak
    boleh kan?
    ngomong-ngomong settingnya dimana?
    Jerman-Indo?

N: hehehe..
    settingnya Jakarta.
    masih belum pengen bikin yang luar negeri...dikirain nggaya ntar..hihihi

A: kalo yang smash?

N: smash jogja
    tuh settingnya sebelah kosku dulu..hehe..

A: *jadi penasaran juga nih
    *cari di om google ah.. hihihi

N: hahahaha

A: yah
    gak ada
    :cry:

N: hihihihi..
    jangan nangis dong.
   maunya yang gratisan aja...
   hekekekek..

A: ceritain dikit dong kak

N: eh, tapi tau tuh, di toko masih ada ga ya

A: kan lihat dulu
    kalo menarik baru deh
    coba deh googling lagi, cari sinopsisnya.
    yang review cuma satu orang
   gak tau deh ceritanya kayak gimana

N: aku bikin smash dengan semangat waktu itu, sambil mengingat-ingat masa di jogja.
    makanya di halaman persembahan ada nama-nama teman kos dulu

A: hm...

 

N: bapak kosku juga kukirimi, soalnya kupersembahkan buat dia juga..he
    begitu tetangga kos tahu (yang rumahnya kujadiin setting), minta juga deh dikirimi bukunya (dia nenek yang ada di cerita smash juga).

A: hihihi
    sampai segitunya
    jadi pengen bikin buku juga
 
N: hahahaha
    bikin aja, Gung.

A: gak tau gimana mulainya
    :cry:

N: mulai dari halaman pertama
    hehehe.

A: ya emang kak
    hihihi
    maksudnya gak tau cara nulisnya
    aku gak pernah ngarang cerita
    huhuhuhu

N: emang ga pernah dapat pelajaran bahasa indo

A: gak pernah terlewatkan dari SD, SMP, SMA
    tapi gak pernah ada tugas mengarang
    hampir gak ada *ralat

N: kalau kamu suka baca buku kan setidaknya bisa bayangin kalau nulis gimana
    aku belajar nulisnya juga gitu

A: gitu ya kak
    aku coba deh

N: sipp

A: tapi belum tau bisa apa gak
 
N: sering sering latihan, biar bisa ketemu gayamu sendiri.
    aku dulu latihannya suka bawa tulis kecil kemana-mana, trus nyatetin kejadian-kejadian di sekitarku yang menarik.

A: dari catatan pendek terus dikembangin lagi
    gitu ya?

N: buat latihan

A: oce bos
 
N: dari dulu, parahnya aku punya mood nulis pas musim ujian, jadinya pening deh, belajar apa nulis..hehe

A: hihihi
    terus pilih yg mana?

N: kadang nulis, jadi ujiannya jelek..hekekek
    Agung, aku nerusin nulis dulu ya. Dadaaaah. See you again

Habis deh :D. Cukup sekian untuk posting kali ini dan sampai jumpa lagi di posting berikutnya ;)

Posted via email from Nyol's Posterous

0 obrolan:

Posting Komentar

Habis baca jangan lupa tinggalin jejak ya :D