Path Facebook Instagram Twitter Google+

Hikayat dari Makanan Khas di Era Franchise dan MLM

"Kamu gak pulang ke Surabaya?"
"Gak, kenapa?"
"Kalo pulang aku nitip..." dia bertanya pada temannya, "di Surabaya
itu biasanya apa?"
"Amanda" jawab si teman.
"Disini kan ada."
"Iya ta?"
"Ada di GM." jelasnya pada si teman.
"Kalo gitu J.co aja."

Percakapan diatas terjadi baru beberapa jam lalu di sebuah warung
makan. Aku mau makan di sana sedang temanku itu telah usai dan
beranjak pergi. Sambil menanti bubur ayam yang ku pesan, gelombang
lamunan datang menyergap. Sejak kapan Amanda dan J.co jadi makanan
khas Surabaya? Ini benar-benar gila! Adalah dampak dari ekonomi
kapitalis yang menjunjung tinggi merk dagang sebuah produk lalu
menyebar luaskannya ke seluruh penjuru dunia.
Masyarakat kita telah teracuni. Makanan dan produk lain yang menjadi
ciri suatu daerah telah tergerus oleh zaman. Menjadi langkah kemudian
punah dan berujung menjadi hikayat semata. Modernisasi memang sadis.
Yang tidak bisa beradaptasi akan mati. Oh malangnya.

Posted via email from Nyol's Posterous

0 obrolan:

Posting Komentar

Habis baca jangan lupa tinggalin jejak ya :D